Model pembelajaran demonstrasi adalah model
mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau
untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
b. Langkah-langkah model pembelajaran
demonstrasi
Langkah-langkah model pembelajaran demonstrasi adalah
1)
Tahap persiapan
Pada tahap persiapan
ini ada beberapa hal yang harus dilakukan antara lain:
a) Rumuskan tujuan yang harus
dicapai oleh peserta didik setelah proses demonstrasi berakhir. Tujuan ini
meliputi beberapa aspek seperti aspek pengetahuan dan keterampilan tertentu.
b) Persiapkan garis-garis besar
langkah-langkah demonstrasi yang akan dilakukan. Hal ini dilakukan untuk
menghindari kegagalan.
2) Tahap pelaksanaan
a) Langkah pembukaan
Sebelum demonstrasi dilakukan ada
beberapa hal yang harus dilakukan antara lain:
·
Aturlah
tempat duduk yang memungkinkan semua peserta didik dapat melihat dengan jelas
apa yang didemonstrasikan.
· Kemukakan
tujuan apa yang harus dicapai peserta didik.
· Kemukakan
tugas-tugas apa yang harus dilakukan oleh peserta didik, misalnya ditugaskan
untuk mencatat hal-hal yang penting dari pelaksanaan demonstrasi.
b) Langkah pelaksanaan demonstrasi
· Mulailah
demonstrasi dengan kegiatan-kegiatan yang merangsang peserta didik untuk
berfikir. Misalnya pertanyaan-pertanyaan yang mengandung teka-teki sehingga
mendorong peserta didik tertarik untuk memperhatikan demonstrasi.
· Ciptakan
suasana yang menyejukkan dan menghindari suasana yang menegangkan.
·
Yakinkan
bahwa semua peserta didik mengikuti jalannya demonstrasi.
· Berikan
kesempatan kepada peserta didik untuk secara aktif memikirkan lebih lanjut
sesuai dengan apa yang dilihat dari proses demonstrasi.
c) Langkah mengakhiri demonstrasi
Apabila demonstrasi selesai
dilakukan, proses pembelajaran perlu diakhiri dengan memberikan tugas-tugas
tertentu yang ada kaitannya dengan pelaksanaan demonstrasi dan proses
pencapaian tujuan pembelajaran.
c.
Kelebihan dan kelemahan model
pembelajaran demonstrasi adalah
1)
Kelebihan model pembelajaran demonstrasi adalah
a) Demonstrasi
dapat mendorong
motivasi belajar peserta didik.
b) Demonstrasi dapat menghidupkan
pelajaran karena peserta didik tidak hanya mendengar tetapi juga melihat
peristiwa yang terjadi.
c) Demonstrasi dapat mengaitkan
teori dengan peristiwa alam lingkungan sekitar. Dengan demikian peserta didik
dapat lebih meyakini kebenaran materi pelajaran.
d) Demonstrasi
apabila dilaksanakan dengan tepat, dapat terlihat hasilnya.
e) Demonstrasi
seringkali mudah
teringat daripada bahasa dalam buku pegangan atau penjelasan pendidik.
f) Melalui demonstrasi peserta didik
terhindar dari verbalisme karena langsung memperhatikan bahan pelajaran yang
dijelaskan.
2)
Kelemahan model pembelajaran demonstrasi
adalah
Menurut Djamarah model pembelajaran demonstrasi selain mempunyai kelebihan juga mempunyai
kelemahan yaitu:
a)
Peserta didik
terkadang sukar melihat dengan jelas benda yang akan dipertunjukkan.
b)
Tidak semua
benda dapat didemonstrasikan.
c)
Sukar dimengerti apabila didemonstrasikan oleh guru yang kurang menguasai
apa yang didemonstrasikan.
d) Demonstrasi
memerlukan persiapan yang lebih matang, sebab tanpa persiapan yang memadai
demonstrasi bisa gagal sehingga dapat menyebabkan model ini tidak efektif lagi.
e) Demonstrasi
memerlukan peralatan, bahan-bahan dan tempat yang memadai berarti penggunaan
model ini lebih mahal jika dibandingkan dengan ceramah.
f)
Demonstrasi
memerlukan kemampuan dan keterampilan guru yang khusus sehingga guru dituntut
untuk bekerja lebih profesional.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus! !! H E B O O O H !! !
BalasHapusGak baca pasti nyesel..
Orang ini sukses bawa kabur DUIT hingga ratusan juta rupiah dari ATM miliknya sendiri..
Bagaimana ia melakukannya ?
Baca : Auto Transfer ATM Bank BRI
o
BalasHapusThanks
BalasHapus